Gado-gado Membawa Sengsara

Wednesday, July 30, 2008

Image Hosting by Picoodle.com


Gado-gado, sayur-sayuran yang dicampur tahu dll trus disiram pake kuah kacang. Siapa sih yang gak kenal makanan tradisional yang berasal dari Indonesia ini. Ini juga merupakan salah satunya makanan favorit gwa. Alasannya sih karena ada kuah kacang dan juga rasanya manis-manis gurih rada pedes sedikit. Gado-gado pun salah satu sarapan yang paling pas buat gwa disaat perut udah mulai nagih-nagih minta diisi. Gwa selalu minta beliin sama nyokap gwa kalo lauk yang dibuat nyokap gwa gak ada yang gwa senengin. Pokoknya gado-gado Indonesia top banget dah!

Nah lain cerita dengan gado-gado yang pernah gwa makan disini. Tepatnya di food court yang terletak di dalam RS Sultana Bahiya, Alor Star. Pertama kali ngeliat banner di salah satu stand di sana ngebuat gwa rada ngiler plus agak gondok. Gimana gak gondok, di banner itu ditulis "Gado-gado khas Johor, makanan kerajaan masa lampau". Buset dah! Kalo gwa gak salah inget pas saat itu lagi tegang-tegangnya tentang budaya-budaya Indonesia di serobot sama Malaysia. Tanpa pikir panjang gwa langsung mesen aja tuh gado-gado khas Johor gara penasaran. Gak mahal, Cuma 3 ringgit sahaja.

Setelah di siapin oleh petugas standnya gwa pun langsung heran setengah mati. Gwa gak nemuin kuah kacang di gado-gado khas Johor gwa. Yang ada malah taburan kacang. Nah masalahnya, kuahnya itu persis dengan gula merah cair dicampur sama kecap. Baunya juga gak jauh beda sama gula merah cair dicampur kecap, aneh. Setelah dapat tempat duduk gwa langsung berinisiatif buat nge-foto tuh gado-gado. Lumayan buat dijadiin barang bukti kalo nih gado-gado dibawa ke meja persidangan dalam kasus penyerobotan makanan khas Indonesia.

Image Hosting by Picoodle.com

(Tersangka utama yang membuat napsu gwa ilang)

Image Hosting by Picoodle.com

(Yang ditengah bukan batu aki', melainkan telor)

Setelah udah mempersiapkan diri, mulai dari mempersiapkan mental sampe mempersiapkan plastik buat gwa muntah ntar. Kalo-kalo aja nih gado-gado rasanya ancur banget. Tanpa aba-aba gwa langsung tancap gas buat makan tuh gado-gado khas Johor. Sendokan pertama, rasanya kayak makan sayur dikecapin. Sendokan kedua rasanya makin aneh, rasanya kayak gula merah ada kecapnya juga plus asin-asin kagak jelas dan tak lupa sayur-sayurnya. Sebelum sendokan ketiga gwa coba colek-colek tuh kuahnya. Kali-kali aja yang salah sayurnya, bukan kuahnya. Dan ternyata benar, kuahnya memang punya cita rasa khas Johor banget. Ancur! Gak jadi dah gwa gwa makan disendokan ketiga.

Kemudian gwa coba ngaduk-ngaduk tuh gado-gado. Penasaran gwa sama isinya. Dan akhirnya ,yang gwa lihat isi gado-gado itu terdiri dari mentimun, kacang panjang, tahu, tauge, bayam, telur, daun yang gak gwa kenal dan yang tak kalah pentingnya, sotong. Ya, sotong atau dengan arti yang lebih manusia sedikit cumi-cumi sodara-sodara! Gwa shock berat.

Image Hosting by Picoodle.com

(Nasib terakhir gado-gado khas Johor)

Baru kali ini gwa makan gado-gado ada cumi-cuminya. Langsung gwa berhenti makan. Napsu gwa lenyap seketika. Berbeda ketika gwa makan gado-gado asli bikinan orang Indonesia. Napsunya kayak sapi ngeliat padang rumput satu hektar. Ternyata lidah orang Indonesia sangat berbeda jauh dibanding dengan lidah orang Malaysia. Walaupun makanan yang dimakan berupa makanan yang konsepnya sama.

Gak tau dah ntar ada apa lagi disini (Malaysia). Kali aja gwa liat pecel khas Kuala Lumpur atau gudek khas Melaka atau juga rendang khas Kedah.

2 comments:

  • princesskyu

    asal jgn muncul aja "Pempek khas Kelantan" blegh ;(

  • RuleBreaker

    Weleh2...

    Ditunggu aja empek2 khas kelantannya